Cara Mudah Membuat Kreasi Bingkai Foto

By den_bagus on 02.34

Filed Under:

Kita mengenal bingkai foto sebagai tempat untuk menggantung hasil jepretan kita. Biasanya, bingkai foto di desain semenarik mungkin agar tidak hanya sekedar melindungi foto dari debu tapi juga mampu menciptakan kesan manis pada foto itu sendiri. Tapi, dapatkah anda bayangkan jika bingkai foto itu berbentuk digital?Disini, saya akan mencoba memberikan informasi bagaimana membuat bingkai foto dengan menggunakan Photoshop CS.

Pada tutorial kali ini, kita akan membuat bingkai kaca digital. Agar lebih menarik, bingkai kaca itu kita beri warna yang berbeda dengan warna gambar yang akan dibingkai. Contoh tutorial kali ini dan anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.
Ok deh langsung saja kita mulai tutorialnya...

  • Carilah sebuah gambar yang kira-kira memiliki warna yang cukup banyak supaya kreasi bingkai kaca warna ini tampil lebih baik. Saya disini menggunakan gambar bunga sebagai contoh :
  • Tekan ctrl + A atau klik menu Select > ALL untuk menyeleksi seluruh area kanvas. Dalam sekejap, muncul garis seleksi pada kanvas.
  • Kita akan mengecilkan area seleksi kira-kira setengah dari ukuran garis seleksi yang anda lihat sekarang. Caranya, klik menu Transform Selection. Dalam sekejap, akan muncul kotak bergaris tepi solid yang wujudnya sama jika kita melakukan transform (memperbesar, memperkecil, dan sebagainya) pada objek-objek di kanvas.
  • Seret handle (kotak hitam) yang ada di pojok kiri atas dan pojok kanan bawah sampai memciutkan ukuran garis persegi empat kira-kira setengah dari ukuran semula. Lihat ilustrasi berikut ini :
  • Saat ini, garis seleksi sudah mengecil seperti gambar diatas, Klik menu Select > Inverse untuk membalik seleksi. Kalau sudah, tekan Ctrl + I untuk menginvert warna pada bidang yang terseleksi. Hasilnya menjadi seperti ini :
  • Terakhir, kita beri filter glass pada bidang yang terseleksi itu. Klik menu Filter > Distort > Glass. Masukkan setting berikut, Distortion: 5, Smoothness: 3, Texture: Frosted, Scalling: 100%. Tekan tombol OK dan hasilnya seperti gambar di bawah ini. Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan garis seleksi.


    sbr :www.designdesigngrafis.blogspot.com

  • 0 komentar for this post

    Poskan Komentar